Selasa, 07 Agustus 2012

Aliran Lukisan


1.     Romantisme
Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.



2.     Realisme
Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.
Daftar Pelukis :
·         Karl Briullov
·         Ford Madox Brown
·         Jean Baptiste Siméon Chardin
·         Camille Corot
·         Gustave Courbet
·         Honoré Daumier
·         Edgar Degas
·         Thomas Eakins
·         Nikolai Ge
·         Aleksander Gierymski
·         William Harnett
·         Louis Le Nain
·         Édouard Manet
·         Jean-François Millet
·         Ilya Yefimovich Repin


3.     Naturalisme
Seni lukis yang sangat mengandalkan skill atau keterampilan tangan sehingga hasilnya terlihat alami, persis seperti fotografi berwarna.
Daftar Pelukisnya :
·         Soeboer Doellah
·         William Bliss Baker
·         Raden Saleh
·         Hokusai
·         Affandi
·         Fresco Mural
·         Basuki Abdullah
·         William Hogart
·         Frans Hail 


4.     Ekspresionisme
Berusaha menampilkan emosional atau sensasi dari dalam di hubungkan dengan tragedi atau apa yang terjadi. Definisi lain adalah kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun menyatakan sensasidari dalam (baik objeknya maupun senimannya).


5.     Surrealisme
Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Salah satu tokoh yang populer dalam aliran ini adalah Salvador Dali.


6.     Kubisme
aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu.
Daftar Pelukisnya :
·         Paul Cezane
·         Pablo Picasso
·         George Braque
·         Metzinger
·         Albert Glazez
·         But Mochtar
·         Moctar Apin
·         Fajar Sidik
·         Andre Derain


7.     Abstrak
usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Abstraksi berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.


8.     Impresionisme
Berusaha menampilkan kesan yang di tangkap dari objek. Yang menjadi masalah dalam hal teknik adalah Sebagian kaum impresionis sangat mementingkan warna yang di timbulkan oleh bias cahaya,namun akdemisi mementingkan garis.


9.     Neoklasik
Cirinya objek lukisan sekitar lingungan istana dan tokoh agama, bersifat intelektual dan akademis. Semua bentuk dibatasi dengan garis nyata, berkesan tenang dan agung. Pelopornya Louis Davis kemudian dilanjutkan oleh Ingres.


10.   Dadaisme
Ciri khas dari karya dadaisme adalah sini dan tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi. Yang kemudian diungkapkan dalam bentuk main-main, mistis, sesuatu yang menimbulkan goncangan jiwa yang mendadak,juga ada tanda-tanda merusak yang telah ada, sesuai dengan sifat lingkungan perang.


11.   Pop Art
cirinya: berkesan seolah – olah sindiran, karikatur, humor, dan apa adanya dari objek apa saja dapat ditampilkan walaupun tidak lazim dalam karya seni, senimannya Tom Waselman, Cristo dan lain – lain


12.   Seni Instalasi
Seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.
Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, suara, pooja.
Daftar Pelukisnya :
·         pooja
·         Vito Acconci
·         Gustavo Aguerre
·         Artur Barrio
·         Sylvie Bélanger
·         Maurice Benayoun
·         Guillaume Bijl
·         Christian Boltanski
·         Christoph Büchel
·         Stefano Cagol
·         Janet Cardiff
·         Marco Casagrande
·         The Chapman Brothers
·         Bruce Charlesworth
·         Judy Chicago 
·     Christo and Jeanne-Claude

0 komentar:

Poskan Komentar