Selasa, 07 Agustus 2012

Biografi Joe Satriani


BIOGRAFI JOE SATRIANI

Joseph “Joe” Satriani atau di kenal juga dengan panggilan “Satch” lahir pada tanggal 15 Juli 1956 di Westbury, New York. Dia adalah campuran Italia dan Amerika Kakek Nenek nya dari Piacenza sisi Bapak berasal dari Bari. Joe Satriani punya pekerjaan sebagai gitaris rock Instrumental dan seorang pemain multi instrumental. Satriani juga adalah seorang yang memegang begitu banyak nominasi Grammy Award.
Satriani terinspirasi bermain gitar pada usia 14 tahun setelah mendengar bahwa Jimi Hendrix telah meninggal dunia. Dia mendengar berita tersebut di tengah latihan football, dan dia melawan pelatihnya dan mengumumkan bahwa dia berhenti main football dan akan menjadi seorang gitaris. Pada tahun 1974 Satriani belajar musik dangan gitaris Jazz Billy Bauer dan dengan seorang pianist jazz penyendiri Lennie Tristano. Tuntutan teknis Tristano sangat mempengaruhi permainan Satriani.
Untuk memperdalam ilmunya, Joe Satriani memilih masuk ke sekolah musik Five Towns College. Pada tahun 1978 Satriani pindah ke Berkeley, California dan memilih menjadi pengajar musik. Beberapa muridnya yang telah menjadi musisi terkenal, yaitu: Steve vai,  Kirk Hammett, David Bryson, Kevin Cadogan, Larry LaLonde, Alex Skolnick, Phil Kettner, dan Charlie Hunter.
Tahun 1980,  Satriani keluar dari “sangkarnya”. Ia pun mulai berencana untuk membuat album yang berisikan lagu – lagu dari suara gitarnya. Bersama beberapa temannya ia mulai mengadakan pertunjukan.




MURID – MURID JOE SATRIANI

  1.     Steve Vai      
  2.    Kirk Hammett
  3.    David Bryson  
  4.    Kevin Cadogan        
  5.    Larry Lalonde         
  6.    Alex Scolnick           
  7.    Rick Hunolt               
  8.    Phil Kettner            
  9.    Geoff Tyson          
  10.  Charlie Hunter         
  11.  Andy Timmons        

ALBUM JOE SATRIANI

  1.     Not of This Earth (1986)
  2.    Surfing with the Alien (1987)
  3.    Dreaming #11 (1988)
  4.    Flying in a Blue Dream (1989)
  5.    The Extremist (1992)
  6.    The Beautiful Guitar (1993)
  7.    Time Machine (1993)
  8.    Joe Satriani (1995)
  9.    G3: Live in Concert (1997)
  10.  Crystal Planet (1998)
  11.  Engines of Creation (2000)
  12.  Additional Creations (2000)
  13.  Live in San Francisco (2001)
  14.  Strange Beautiful Music (2002)
  15.  The Satch Tapes (2003)
  16.  The Electric Joe Satriani: An Anthology (2003)
  17.  G3: Rockin' in the Free World (2004)
  18.  Is There Love in Space? (2004)
  19.  G3: Live in Tokyo (2005)
  20. Super Colossal (2006)
  21.  Satriani LIVE! (2006)
  22. Professor Satchafunkilus And The Musterion Of Rock (2008)
  23. Chickenfoot (2009)
  24. Live in Paris: I Just Wanna Rock (2010)
  25. The Essential Joe Satriani (2010)
  26. Black Swans and Wormhole Wizards (2010)


 SEJARAH PEKERJAAN
Pada awal karirnya, Satriani bekerja hanya sebagai instruktur gitar saja dengan beberapa mantan muridnya yang telah mencapai ketenaran dengan kepiawaian gitar mereka, yaitu Steve Vai, Larry LaLonde, Kirk Hammett, Andy Timmons, Charlie Hunter, Kevin Cadogan, Alex Skolnick.
Pada tahun 1988, Satriani direkrut oleh Mick Jagger sebagai gitaris untuk tur solo pertama Jagger, namun kemudian, pada tahun 1994, Satriani sempat direkrut sebagai gitaris untuk Deep Purple, kemudian sempat pula bekerjasama dengan berbagai gitaris dari beberapa genre musik, termasuk Steve Vai, John Petrucci, Eric Johnson, Larry LaLonde, Yngwie Malmsteen, Brian May, Patrick Rondat, Andy Timmons, Paul Gilbert, Adrian Legg, dan Robert Fripp melalui konser tahunan Jam Concert G3.



TEKNIK GITAR YANG DIGUNAKAN
1.  Teknik Tapping
Teknik tapping adalah teknik yang memakai jari sebagai teknik pick. dengan cara memukul-mukulkan jari ke senar (hammer on) sehingga bunyi yg dihasilkan menjadi lebih khas
2.  Alternate Picking
Alternate picking adalah picking dengan pola down-up(turun naik) atau up-down(naik turun) pada satu senar


 GITAR YANG DIGUNAKAN
Ibanez JS Series produksi dari Ibanez
Ibanez adalah salah satu gitar yang sangat layak diperhitungkan jika Anda berniat membeli gitar elektrik berkualitas. Sejumlah ‘dewa gitar’ rock menggunakan Ibanez sebagai senjatanya di panggung. Sebut saja misalnya, Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert. Menariknya, Ibanez tak hanya sesuai untuk rock, tapi juga jazz. Tak cukup sampai di situ saja, untuk blues latin, jazz, fusion, Ibanez adalah pilihan yang tepat. Beberapa gitaris blues, latin dan jazz yang menggunakannya ialah Carlos Santana, dan dua dewa gitar jazz fusion John McLaughlin dan Patt Matheny.



SEJARAH G3
G3 adalah konser tur yang diselenggarakan oleh gitaris Joe Satriani yang menampilkan dirinya bersama dua gitaris lainnya. Sejak dimulai pada tahun 1996, G3 tur tahun yang paling dan memiliki fitur banyak gitaris, termasuk Steve Vai (mantan mahasiswa Satriani), Eric Johnson, Kenny Wayne Shepherd, Yngwie Malmsteen, John Petrucci, Robert Fripp, Paul Gilbert, Uli Jon Roth, Michael Schenker, Adrian Legg dan banyak tamu istimewa lainnya, termasuk Tony MacAlpine, Johnny Hiland, Steve Lukather, Steve Morse, Keith Lebih, Chris Duarte, Andy Timmons, Neal Schon, Gary Hoey, Brian May, Billy Gibbons, Johnny A, George Lynch, patrick Rondat, Herman Li, Alejandro Silva, dan Eric Sardinas.
1996 menandai awal dari G3 - tahun pertama ini menampilkan Joe Satriani, Steve Vai dan Eric Johnson (ditambah Kenny Wayne Shepherd sebagai pembuka) dan tur Amerika Utara.
Tahun 1998 tur G3 menghantam Eropa dan sangat sedikit informasi yang diarsipkan dari tur ini. Selain G3-ers Michael Schenker dan Uli Jon Roth, ada penampilan khusus dari Brian May (di London) dan Patrick Rondat (di Perancis).
Tahun 2000 Lineup G3 asli bersatu kembali untuk satu pertunjukan eksklusif khusus pada 21 Oktober di Kuala Lumpur, Malaysia sebagai bagian dari Rhythm Asia Festival
G3 2001 bekerja sama Joe Satriani dan Steve Vai dengan Dream Theater John Petrucci, yang menulis satu set musik instrumental baru untuk seluruh tur. G3 pergi melalui Amerika Utara dan Meksiko dan berlanjut sampai 2002. Steve mempromosikan rilis terbarunya, “Live In An Ultra World” dan Joe mempromosikan Live In San Fransisco
G3 pada tahun 2006 dengan dua tur luar negeri dan Formasi. Pertama, Joe bergabung dengan John Petrucci dan Eric Johnson untuk perjalanan kembali ke Amerika Latin pada bulan Oktober dan kemudian Joe, Steve Vai dan John Petrucci membawa the rock Down Under pada bulan November & Desember.
2007 inkarnasi dari tur populer G3 Joe Satriani akan dimulai pada tanggal 14 Maret di Phoenix dibintangi Satriani, John Petrucci dan Paul Gilbert. Tur akan bermain pada tanggal yang dipilih, di Amerika Utara sepanjang Maret dan April.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

manteb sejarah nya...

Posting Komentar